Pendidikan Karakter Disiplin, Pengertian dan Nilai Indikiator Disiplin

Pendidikan Karakter Disiplin, Pengertian dan Nilai Indikiator Disiplin
Pendidikan Karakter Disiplin - Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan sekelompok orang (manusia) yang didalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukan bagi generasi selanjutnya. Pendidikan karakter memiliki tujuan untuk membentuk penyempurnaan individu secara continue demi melatih kemampuan pribadi ke arah yang lebih baik. Definisi pendidikan karakter di atas merupakan kutipan singkat, untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengertian pendidikan karakter dapat anda baca pada artikel saya sebelumnya tentang PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT PARA AHLI.
Pengertian Disiplin
Secara etimologi disiplin berasal dari bahasa Inggris Desciple, discipline, yang artinya penganut atau pengikut. Ditinjau secara terminologi disiplin menurut para ahli pendidikan dapat anda baca sebagai berikut:
  1. Suharsimi Arikunto (1980: 114) - Disiplin adalah kepatuhan seseorang dalam mengikuti peraturan atau tata tertib karena di dorong oleh adanya kesadaran yang ada pada kata hatinya tanpa adanya paksaan dari pihak luar.
  2. Thomas Gordon (1996: 3) - Disiplin adalah prilaku dan tata tertib yang sesuai dengan peraturan dan ketetapan, atau perilaku yang diperoleh dari pelatihan yang dilakukan secara terus menerus.
  3. Kemendiknas (2010: 9) mendeskripsikan disiplin sebagai tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. 
  4. Husdarta (2010: 110), disiplin berarti kontrol penguasaan diri terhadap impuls yang tidak diinginkan atau proses mengarahkan impuls pada suatu cita-cita atau tujuan tertentu untuk mencapai dampak yang lebih besar. 
  5. Maman Rachman (Tulus Tu’u, 2004: 35) menjelaskan bahwa disiplin berkenaan dengan pengendalian diri seseorang terhadap aturan. Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat kita ketahui bahwa hakikat dari nilai disiplin ialah perilaku individu yang menunjukkan pada ketaatan pada sebuah aturan tertentu dan apabila melanggarnya akan dikenakan sanksi yang berlaku.

Indikator Nilai Disiplin 
 Menurut Kemendiknas (2010: 26) indikator dari nilai disiplin ialah sebagai berikut: 
  1. Membiasakan hadir tepat waktu. 
  2. Membiasakan mematuhi aturan.
  3. Menggunakan pakaian sesuai dengan ketentuan

Hal tersebut diungkapkan juga oleh Jamal Ma’mur (2013: 94) bahwa dimensi dari disiplin ialah:
  1. Disiplin waktu. 
  2. Disiplin menegakkan aturan. 
  3. Disiplin sikap. 
  4. Disiplin menjalankan ibadah. 

Indikator lain yang diungkapkan oleh Syafrudin (Muhammad Khafid dan Suroso, 2007: 191) membagi disiplin belajar menjadi empat macam, yaitu;
  1. ketaatan terhadap waktu belajar, 
  2. ketaatan terhadap tugas-tugas pelajaran, 
  3. ketaatan terhadap penggunaan fasilitas belajar, dan 
  4. ketaatan menggunakan waktu datang dan pulang”. 
Berdasarkan ketiga pendapat yang telah disebutkan, maka dapat kita ketahui bahwa indikator dari nilai disiplin pada dasarnya ialah disiplin waktu, disiplin menegakkan peraturan, dan disiplin perilaku.

No comments for "Pendidikan Karakter Disiplin, Pengertian dan Nilai Indikiator Disiplin"